25 Tim Bersaing untuk Lolos Verifikasi PSSI

26 Oct 2013

Indonesia Super League  indonesia super league liga indonesia  25 Tim Bersaing untuk Lolos Verifikasi PSSI

PSSI akan memverifikasi 25 tim yang bakal tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada kompetisi di tahun 2014.

Proses unifikasi liga di tahun 2014 sudah dikumandangkan PSSI melalui Kongres Luar Biasa di Hotel Borobudur, Jakarta, Bulan Maret lalu. Nantinya akan ada 22 tim yang bakal berkompetisi di kancah sepak bola Indonesia. Rinciannya 18 tim asal Liga Super Indonesia (ISL) dan 4 tim asal Liga Prima Indonesia (IPL).

Untuk menentukan klub IPL yang lolos ke kasta tertinggi, PSSI mengadakan babak play-off yang diikuti oleh 10 tim dan dibagi ke dalam dua Grup, yakni K dan L. Sementara Semen Padang yang menjadi juara IPL di putaran pertama mendapatkan wild card.

Sebenarnya juara babak play-off akan diadu dengan Semen Padang pada tanggal 2 November untuk menentukan juara IPL, tapi laga tersebut batal digelar. Penyebabnya, keikutsertaan Semen Padang di dalam turnamen persahabatan internasional, Piala Binh Duong Television (BTV) 2013 di Vietnam.

Alhasil PSSI memutuskan mengambil tiga tim dari Grup K (Pro Duta, PSM Makassar dan Persijap Jepara) dan Grup L (Persepar Palangkaraya, Persiba Bantul dan Perseman Manokwari) ditambah Semen Padang untuk mengikuti proses verifikasi. Dari 7 klub IPL itu, hanya akan ada empat tim yang lolos ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim depan.

“Ada 25 klub yang bakal diverifikasi. 18 klub dari ISL dan 7 dari IPL. Dari tujuh klub IPL hanya akan diambil empat tim saja,” jelas Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, Jumat (25/10/2013).

Menurut rencana, final babak playoff IPL yang mempertemukan Pro Duta FC (juara Grup K) melawan Persepar (juara Grup L) di Stadion Sultan Agung, Bantul akan dilakukan pada 28 Oktober mendatang.

“Saya telah mengadakan pertemuan dengan televisi dan sudah konfirmasi digelar di Bantul. Menang atau kalau, itu kepentingan historis. Artinya tim yang tanding menambah CV (Curriculum Vitae),” jelas pria yang akrab disapa Jokdri tersebut.

“Verifikasi idealnya dilakukan satu bulan setelah pertemuan itu. Kalau dilihat, mungkin awal Desember. Tapi, kami akan mencoba agar verifikasi bisa dilakukan pada minggu ketiga atau keempat di Bulan November. Ini supaya setiap tim punya waktu untuk pra-musim,” dia mengakhiri.

Beberapa unsur verifikasi yang akan dinilai opleh PSSI adalah kekuatan finansial tim dan stadion yang akan digunakan pada laga kandang.

(Inilah)

Follow @kabarbolanet untuk mendapatkan update kabar bola terbaru.